The Effect of The Implementation of Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Learning Model Assisted by Talking Sticks on Students' Argumentation Skills on Buffer Solution Material

Sukma Yulia Dwi Cahyani, Lis Setiyo Ningrum

Abstract

Tantangan di dunia pendidikan pada abad 21 pendidik dituntut untuk mengembangkan model pembelajaran dalam kelas yang menarik dan menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan 4C salah satunya yaitu communication, dimana kemampuan ini berperan penting dalam pembelajaran sains yaitu berargumentasi ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh implementasi model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) berbantuan Talking Stick terhadap kemampuan argumentasi peserta didik pada materi larutan penyangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre test-post test non equivalen control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen soal tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran AIR berbantuan talking stick berpengaruh terhadap kemampuan argumentasi peserta didik. Hal ini dibuktikan melalui data hasil uji N-gain kelas eksperimen (0,77) lebih tinggi daripada kelas kontrol (0,68) serta hasil uji hipotesis independent sample t-test dengan nilai sig. 2-tailed sebesar 0,012. Artinya, Ha diterima atau implementasi model pembelajaran AIR berbantuan talking stick berpengaruh terhadap kemampuan berargumentasi peserta didik.

 

Full Text:

PDF

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.