Improving The Counting ability of Grade 1 Students With Playdoh Concrete Media
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung pengurangan siswa kelas ! SDN Pajang 1 Surakarta. Jenis Penelitian ini adalah PTK dimana responden terdiri dari 28 siswa dimana 25 siswa reguler dan 3 siswa berkebutuhan khusus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes.Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari perolehan indikator pencapaian aktivitas. Indikator pencapaian aktivitas pada akhir siklus yaitu 92,85%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media konkret playdoh dengan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berhitung pengurangan siswa kelas I SDN Pajang 1 Surakarta.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.