Implementasi Tari Tradisional untuk Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air pada Peserta Didik SD Negeri Bengbulang 02
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air melalui tari tradisional pada peserta didik SD Negeri Bengbulang 02. Peneletian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya nilai karakter cinta tanah air pada diri peserta didik akibat adanya budaya asing yang masuk ke Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik analisis deskriptif pula. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VI SD Negeri Bengbulang 02. Teknik uji validitas menggunakan teknik triangulasi teknik. Berdasarkan penelitian, peneliti mengemukakan bahwa pelaksanaan tari tradisional untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air pada peserta didik SD Negeri Bengbulang 02 berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan. Peneliti dapat mengatakan sesuai harapan karena hal itu terbukti dari sikap yang ditunjukan oleh peserta didik yang mulai memiliki rasa peduli dan menghargai budaya, bahasa, dan lingkungan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Gumanti, Tatang Ary dkk. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Mitra Wacana Media Sugiyono. (2018). Metode Penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta Amalia Hadi, Dawati dkk. (2018). Kegiatan Ekstrakurikuler Tari Tradisional Meusaree-saree di SDITAlfityan Lampeuneurut Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik 3 (1) : 22 -31 Amanda, Rizqi dkk. (2019). Ekstrakurikuler Seni Tari Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Lokal di SD Negeri Sawah Besar 02. Jurnal Elementary School 6 : 105 - 111 Arisyanto, Prasena dkk. (2018). Pembelajaran Ekstrakurikuler Tari untuk Penanaman Karakter Bagi Siswa SD Negeri Gayamsari 02 Semarang. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni 3 : 1 - 13 Ayu Dwi Apriliani, Finta. (2014). Rekonstruksi Tari kuntulan Sebagai salah satu identitas kesenian kabupaten tegal. Jurnal Seni Tari 3 (1) : 1-8 Diana Sari, Siska. (2017). Cinta Tanah Air dan Salafus Shalih. Jurnal Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan 3 : 65-66. Eka widayani, Novita. (2016). Penanaman Nilai Cinta Tanah Air di SD Negeri Sedayu 1 Muntilan Magelang Tahun Ajaran 2014-2015. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4 : 313 - 323. Fitriani, Henny dan Susila Purwanti, Rosalia. (2018). Peran Seni Tari Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas IA Di SD Negeri Keputran A Yogyakarta. Jurnal Penelitian Universitas PGRI Yogyakarta : 1-3. Khutniah, Nainul. (2012). Upaya Mempertahankan Eksistensi Tari Kridha Jati disanggar Hayu Budaya Kelurahan Pengkol Jepara. Jurnal Seni Tari 1 (1) : 9 - 21. Sutjipto. (2011). Rintisan Pengembangan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 17: 504-508. Trimelia Utami, Winda. (2019). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Tari Tradisional di Taman Kanak-Kanak Sani Ashila Padang. Jurnal Ilmiah Potensia 4 (2) : 87 - 94. Wulan, Nawang dkk. (2019). Ekstrakurikuler Seni Tari dalam Membentuk Nilai Karakter Bersahabat. Indonesian Values and Character Education Journal , Vol , No. 2 (1) : 28 - 3
Refbacks
- There are currently no refbacks.