Pengembangan Karakter Peserta Didik dalam Pembelajaran PAI di SDN Rawalo 2
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengembangan karakter peserta didik dalam pembelajaran PAI di SDN Rawalo 2. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI di SDN Rawalo 2 dapat mempengaruhi perkembangan karakter peserta didik, seperti karakter religius, sosial, emosional, dan intelektual. Guru-guru PAI di SDN Rawalo 2 menggunakan pendekatan yang kreatif dan inovatif dalam mengajar yang dapat menumbuhkan karakter peserta didik. Namun, masih ditemukan kendala dalam pengembangan karakter peserta didik, seperti minimnya dukungan dari lingkungan keluarga dan kurangnya waktu yang diberikan untuk mengembangkan karakter peserta didik. Oleh karena itu, disarankan agar guru-guru PAI dan pihak sekolah bekerja sama dengan lingkungan keluarga dalam mengembangkan karakter peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z. (2018). Mengembangkan Karakter Peserta Didik di Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14 (1), 1-8.
Abdullah, M. (2015). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 13 (2), 159-174.
Adah, Umi Musya. (2018). Peran Penting Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. AULADA: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak. Volume 1, Nomor 2, pp 9-27.
Ainiyah, Nur. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum. Volume 13, Nomor 1, pp 25-38. Alladin, Hisyam Muhammad
Fiqyh. (2019). Peran Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah dalam Membentuk Karakter Kebangsaan. Jurnal Penelitian Medan Agama. Volume 10, Nomor 2, pp 152-173.
Al-Busyro, M. (2014). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 14 (1), 44-58.
Anwar, Syaiful. (2016). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Bangsa. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. Volume 7, pp 157-169.
Anshori, Sodiq. (2014). Kontribusi Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Edueksos. Volume 3, Nomor 2, pp 59-76.
Aziz, A. (2016). Metode Pembelajaran Agama Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Tarbiyatuna, 4 (1), 20-33.
Depdiknas. (2007). Panduan Pengembangan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Raharjo, Sabar
Budi. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Volume 16, Nomor 3, pp 229-238.
Refbacks
- There are currently no refbacks.