Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Media Gambar pada Siswa Kelas 1 SDN Suru Sunda 01

Shoimatun Febriyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas 1 SDN Suru Sunda 01 melalui penggunaan media gambar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melibatkan 14 siswa sebagai partisipan dalam penelitian. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis puisi siswa setelah menggunakan media gambar dalam pembelajaran. Pada siklus pertama, rata-rata nilai siswa meningkat dari 63 menjadi 74, kemudian meningkat lagi pada siklus kedua menjadi 83. Selain itu, hasil wawancara juga menunjukkan bahwa siswa lebih termotivasi dalam menulis puisi ketika menggunakan media gambar. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi guru dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas 1 SDN Suru Sunda 01, serta menjadi referensi bagi peneliti lain yang tertarik untuk melanjutkan penelitian tentang penggunaan media dalam pembelajaran menulis puisi.

Keywords

menulis puisi, media gambar, PTK

Full Text:

PDF

References

Alfiah, Yunarko Budi Santoso. (2009). Pengajaran Puisi: Sebuah Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Aminuddin. (2002). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru

Algesindo. Doloughan, F. (2015). Visualizing Poetry: Teaching the Aesthetics of Poetry through Film. Journal of Poetry Therapy, 28 (2), 105-119.

Marisa, Risa. (2007). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Media Video Compact Disk Kejadian Alam Siswa Kelas VIII Smp Negeri 1 Tahunan Jepara. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning. Cambridge University Press. Pradopo,

Rachmat Djoko. (2002). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University.

Rooney, E. (2019). Enhancing Poetry Writing Skills Through The Use Of Visual Media. English in Education, 53 (2), 139-156.

Rahmanto, B. (2000). Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.