Analisis Moral Religius dalam Pendidikan PAI di SD

Alfi Mukhlis Kurniawan, Devy Riani Yuliani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek moral religius dalam pendidikan Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI di SD menekankan pada pengenalan konsep-konsep agama dan ibadah, serta nilai-nilai moral. Namun, masih terdapat kekurangan dalam aspek moral religius yang diterapkan dalam pembelajaran PAI di SD, seperti kurangnya keterlibatan orangtua dalam memperkuat pendidikan moral di rumah dan kurangnya keterampilan guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai moral religius dalam pembelajaran. Oleh karena itu, disarankan agar sekolah dan orangtua meningkatkan kerja sama dalam memperkuat pendidikan moral religius di sekolah dan di rumah, serta guru perlu dilatih untuk mengembangkan metode pembelajaran yang dapat memperkuat nilai-nilai moral religius dalam pembelajaran PAI di SD.

Keywords

analisis moral, religius, pendidikan agama Islam, SD

Full Text:

PDF

References

Afif, M., Nurhakim, A., & Dian, A. (2020). Integrasi Moral dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 5(1), 1-12. Ainin, S.,

Sutarto, & Ilyas, A. (2019). Implementasi Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar dalam Upaya Membentuk Karakter Moral Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 109-123.

Al-Fathoni, A. M. (2020). Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar: Kajian Kontekstual terhadap Sistem, Kurikulum, dan Implementasinya. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 5(1), 113-124.

Anas, A., & Mulyadi, M. (2019). Metode Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar: Studi Pustaka. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 50-61.

Farida, U., & Rasyid, M. (2020). Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Transformasi Pendidikan di Indonesia. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 11(2), 217-229.

Aeni, F. (2017). Pengembangan Bahan Ajar PAI Berbasis Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Didaktika: Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, 17 (2), 234-247.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Badruddin, H. (2014). Pembentukan Moral Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 2 (1), 1-17.

Djakaria, E., & Yusuf, M. (2017). Nilai-Nilai Moral dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT. Jurnal Pendidikan Islam, 3 (1), 1-14.

Muhaimin, M. (2016). Pendidikan Karakter: Konsep, Landasan dan Implementasinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.