Learning Challenge Analysis Post Covid-19 Pandemic at SDN 02 Pucangan Sadang District Academic Year 2022/2023

Wahyudi Wahyudi, Amalina Ulfin Yusnani, Mar'atu Sholiah, Sely Hanifah

Abstract

Masa transisi dari pembelajaran  daring  ke  pembelajaran  tatap muka  pasca  pandemi Covid-19 menimbulkan  banyak tantangan  bagi  sekolah.  Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan  situasi  pembelajaran  pasca  pandemi di SD Negeri 2 Pucangan.  Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan  data  dilakukan  dengan  observasi dan wawancara. Objek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa SD Negeri 2 Pucangan. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini adalah selama pembelajaran pasca pandemi, guru mengalami kesulitan dalam merencanakan pembelajaran yang variatif dan menyenangkan karena siswa telah terbiasa belajar daring. Pelaksanaan pembelajaran daring yang cukup lama membuat pengawasan guru terhadap siswa terbatas, guru kesulitan dalam mengontrol karakter atau sikap peserta didik. Simpulan penelitian ini adalah adanya tantangan dalam pembelajaran pasca pandemi, membuat guru harus mampu menumbuhkan kembali motivasi dan kompetensi siswa dalam pembelajaran

Keywords

pembelajaran, pasca pandemi, sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.