Learning Challenge Analysis Post Covid-19 Pandemic at SDN 02 Pucangan Sadang District Academic Year 2022/2023
Abstract
Masa transisi dari pembelajaran daring ke pembelajaran tatap muka pasca pandemi Covid-19 menimbulkan banyak tantangan bagi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan situasi pembelajaran pasca pandemi di SD Negeri 2 Pucangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Objek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa SD Negeri 2 Pucangan. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini adalah selama pembelajaran pasca pandemi, guru mengalami kesulitan dalam merencanakan pembelajaran yang variatif dan menyenangkan karena siswa telah terbiasa belajar daring. Pelaksanaan pembelajaran daring yang cukup lama membuat pengawasan guru terhadap siswa terbatas, guru kesulitan dalam mengontrol karakter atau sikap peserta didik. Simpulan penelitian ini adalah adanya tantangan dalam pembelajaran pasca pandemi, membuat guru harus mampu menumbuhkan kembali motivasi dan kompetensi siswa dalam pembelajaran
Keywords
pembelajaran, pasca pandemi, sekolah dasar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.