The Influence of Inquiry Learning Models on Student Learning Results in Subjects Turn Off Class IV Elementary School

Ananda Berema Barus, Patri Janson Silaban, Sahut Mahulae

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD RK NAMO PULI Tahun Pembelajaran 2021/2022”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Namo puli yang terdiri dari 25 siswa. Tehnik pengumpulan sampel yang digunakan adalah teknik boring sampling sehingga kelas IV dijadikan sebagai sampel dengan jumlah  25 siswa yang dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif analitik. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah model one-group pretest-posttest design. Instrumen tes yang digunakan yaitu pretest, posttest dan angket untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil analisis data pada pretest diperoleh nilai rata-rata 30,64 setelah diberi perlakuan menggunakan media gambar hasil analisis pada posttest mengalami peningkatan dengan perolehan nilai rata-rata 76,48. Berdasarkan uji normalitas yang dilakukan pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh lhitung < ltabel atau 0,327<0,951 maka dapat disimpulkan bahwa data sampel posttest siswa kelas IV berdistribusi normal. Berdasarkan uji koefisien korelasi diperoleh nilai sebesar rhitung 0,414 > rtabel 0,396 terdapat pengaruh yang kuat antara media gambar terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil uji-t yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD RK NAMO PULI Tahun Pembelajaran 2021/2022”.

Keywords

Model Pembelajaran Inquiry Learning, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.