The Effect of The Use of The Drill Method on Students’ Mathematics Learning Outcomes on Weight Unit Measurement Material in Grade IV Elementary School

Deliwarni Sinaga, Regina Sipayung, Ester Julinda Simarmata, Patri Janson Silaban

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penilitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan metode Drill terhadap hasil belajar siswa kelas IV. Metode drill adalah latihan atau cara yang dilakukan secara berulang oelh seseorang untuk memperoleh ketangkasan dan keterampilan. Penelitian ini berjumlah 30 Siswa berdasarkan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan metode yang kurang sesuai, siswa sulit memahami materi, semangat siswa masih rendah, dan hasil belajar yang rendah. Hasil perhitungan statistik yang ditunjukkan bahwa hasil belajar meningkat dengan menggunakan metode drill dengan kategori baik dengan nilai rata-rata 78,83, sedangkan tanpa penggunaan metode tersebut yaitu cukup dengan nilai 64,06. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung adalah 6,255 sedangkan ttabel 1,697 maka terbukti bahwa hipotesis lebih besar dari ttabel maka hipotesis nihil atau (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode Drill terhadap hasil belajar matematika siswa dengan perhitungan persentase 78% yang memiliki hubungan kuat.

Keywords

metode drill, pengukuran satuan berat, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.