Efforts to Improve Student Learning Outcomes with Open Ended Problem Learning Model on The Theme of Rich Countries in Class IV Elementary School
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penilitian tindakan kelas (PTK) Yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan model Open Ended Problem pada Tema Kayanya Negeriku di kelas V SD Negeri 094109 Raya Pinantar Tahun Pembelajaran 2021/2022.Subjek Penelitian iniĀ 30 Siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang cenderung membosankan, semangat siswa masih rendah, hasil belajar yang rendah dan banyaknya siswa yang masih bermain-main. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tema Kayanya Negeriku di kelas V SD Negeri 094109 Raya Pinantar.Dapat dilihat berdasarkan hasil belajar yang diperoleh siswa secara individu,klasikal,dan nilai rata-rata siswa yaitu pada pre test siswa secara individual yaitu 8 siswa yang tuntas, secara klasikal 27% dengan nilai rata-rata 50,86. Pada siklus I secara individual 12 siswa yang tuntas, dengan klasikal 40% dengan nilai rata-rata 59,4. Pada siklus II secara individu 26 siswa yang tuntas, dengan klasikal 86% dengan nilai rata-rata diperoleh sebesar 82,93.
Keywords
Hasil Belajar,Metode Open Ended Problem
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.