Efforts to Improve Student Learning Outcomes Using Problem Based Learning Model Based Learning Lesson Study in Class V Elementary School

Yanti Jelianti Hutasoit, Dewi Anzelina, Dyan Wulan Sari HS, Patri Janson Silaban

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Lesson Study dengan tema Benda-Benda di Sekitar Kita di kelas V SD swasta dharma wanita medan tahun ajaran 2021/2022 subjek penelitian ini adalah 24 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik yang di gunakan oleh penelitian dalam mengumpulkan data yang di gunakan adalah observasi dan tes. Model pembelajaran yang di gunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Lesson Study. hal ini terbukti dari hasil penelitian yang dilakukan pada siswa pretest (tes awal) atau yang mendapat nilai tuntas 8 siswa (33%) sedangkan 16 siswa (66%) yang mendapat nilai tidak tuntas, dengan rata-rata hasil belajar 53,20. Pada post test siklus I meningkat menjadi 10 siswa (42%) yang tuntas sedangkan 14 siswa (58%) yang tidak tuntas dengan rata-rata hasil belajar 58%. Pada post test siklus II ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 21 siswa (85%) yang tuntas dan 3 siswa (12,5%) mendapat nilai tidak tuntas dengan rata-rata hasil belajar 76. Selanjutnya dari hasil observasi kegiatan guru dalamĀ  melaksanakan pembelajaran pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 78% dan observasi terhadap kegiatan siswa diperoleh rata-rata 68 pada siklus II hasil observasi guru meningkat menjadi 89% ( sangat baik).

Keywords

Hasil Belajar, Cooperative Tipe Problem Based Learning Lesson Study

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.