Implementation of School, Family, and Community Partnerships at MI Al Mukarromah Kebumen

Silmi Muhimatul Chasanah, Dian Fitria Anwar, Fadal Sa’dallah Achmad, Ghoniyatun Choeriah, Farah Addini, Siti Fatimah, Agus Salim Chamidi

Abstract

Kemitraan tri sentra pendidikan adalah kerjasama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat yang berlandaskan pada azas gotong royong, kesamaa, kedudukan, saling percaya, saling menghormati, dan kesediaan untuk berkorban dalam membangun ekosistem pendidikan yang menumbuhkan karakter dan budaya prestasi siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pelaksanaan kemitraan antara sekolah, keluarga, dan masyarakat di MI Al Mukarromah Kebumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil analisis menunjukan bahwa kemitraan sekolah, keluarga, dan masyarakat di MI Al Mukarromah sudah berjalan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan melaksanakan kegiatan yang melibatkan keluarga dan masyarakat, seperti pembentukan POMG, parenting class, kegiatan khotmil Quran, dan lain-lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemitraan antara keluarga dengan sekolah itu sudah baik, akan tetapi untuk program khusus mengenai kemitraan antara keluarga dengan masyarakat belum ada, padahal hal tersebut kami rasa penting untuk pembentukan citra baik MI Al Mukarromah dimata masyarakat. Kegiatan untuk dapat merealisasikannya seperti contohnya sosialisasi sekolah lewat bansos kepada masyarakat, maupun perayaan lain yang lebih melibatkan keluarga wali siswa dengan masyarakat

Keywords

Kemitraan, sekolah, keluarga, dan masyarakat

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.