Increasing Teacher Competence in Class Management With a Hots-Based TPACK Approach

Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Kartika Chrysti Suryandari, Wahyudi Wahyudi, Muh. Chamdani, Murwani Dewi Wijayanti

Abstract

Saat ini masih banyak guru di tingkat Sekolah Dasar yang belum mampu memenuhi tuntutan pembelajaran Abad 21, khususnya penguasaan TIK digital dalam pembelajaran, sehingga perlu dilakukan pengabdian tentang pendekatan TPACK dan penilaian berbasis HOTS. Pengabdian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan kompetensi guru dalam pengelolaan kelas dengan pendekatan TPACK berbasis HOTS; 2) menganalisis faktor penyebab rendahnya kompetensi guru dalam menerapkan pendekatan TPACK berbasis HOTS; 3) menemukan strategi mengatasi kendala dengan menerapkan pendekatan TPACK berbasis HOTS. Untuk mencapai tujuan di atas digunakan metode: bimbingan teknis, pendampingan, FGD (Focus group discussion), observasi, dan wawancara. Data dianalisis secara kualitatif dengan tahapan: pengumpulan, reduksi, display, dan penarikan kesimpulan. Hasil pengabdian tentang pendekatan TPACK dengan penilaian HOTS, yaitu adanya peningkatan kompetensi guru dalam mengelola kelas, antara lain mampu membuat video pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) melalui liveworksheet, dan perangkat penialian berbasis HOTS.

Keywords

kompetensi guru, TPACK, HOTS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.