Traditional Games in Character Education Strengthening Programs in Elementary Schools

Mukhlisina Mukhlisina, Shela Nonda Putri, Suci Permatasari, Zahara Nur Oktaviani, Moh Salimi

Abstract

Permainan tradisional sebagai salah satu aset budaya bangsa menyimpan nilai-nilai pendidikan karakter yang bisa dibentuk sejak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi permainan tradisional dan menganalisis nilai-nilai Penguatan Pendidikan Karakter pada siswa kelas V SD Negeri Arjosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara, dan observasi, kemudian data dianalisis menggunakan teknik analisis naratif. Hasil penelitian menunjukkan Penguatan Pendidikan Karakter dapat dibentuk melalui permainan tradisional gobak sodor dan boi-boian yang diimplementasikan dalam pembelajaran PJOK dan ekstrakurikuler kepramukaan. Permainan gobak sodor dan boi-boian terdapat 5 nilai karakter utama yaitu, religius, nasionalis, gotong royong, integritas, dan mandiri dengan 2 nilai yang paling menonjol yaitu gotong royong dan integritas. Kesimpulannya bahwa permainan gobak sodor dan boi-boian dapat membentuk 5 nilai karakter. Rekomendasi penelitian ini sebaiknya permainan tradisional diimplementasikan dalam proses pembelajaran, dikarenakan permainan tradisional memiliki nilai luhur dan pesan moral yang dapat membangun karakter siswa.

Keywords

Pendidikan, Karakter, Permainan, Tradisional, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.