Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Alam Lukulo Kebumen

Muna Fauziah, Karin Anastasya, Ulfa Hidayah, Widia Khusnul Khotimah

Abstract

Pembelajaran tematik menjadi bagian penting dalam persekolahan sekolah dasar, baik sekolah umum atau sekolah alam sedikit. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Alam Lukulo Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditunjukkan kepada kepala sekolah dan guru di Sekolah Dasar Alam Lukulo Kebumen. Pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik purposive sampling. Data penelitian diambil dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Alam Lukulo dilaksanakan melalui tahap perencanaan yang ditunjukkan dengan melakukan penyiapan perangkat pembelajaran; tahap pelaksanaan dimulai dari kegiatan awal, inti, dan penutup pembelajaran; serta tahap penilaian yang ditunjukkan dalam bentuk evaluasi proses dan hasil (berupa tes tertulis, penilaian tengah dan akhir semester, tes lisan, tes praktik, dan sebagainya). Dari data, disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran tematik di sekolah sudah direncanakan, dilaksanakan, dan dinilai dengan optimal.

Keywords

implementasi, pembelajaran tematik, sekolah dasar alam

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.