Development of Positive Content as The Role of Community in Climate Change Through E-Commerce of Micro Small Medium Enterprises (UMKM) ICSB Sukoharjo Regency

R. Muhammad Amin Sunarhadi, Prabang Setyono, Lia Kusumaningrum, Siti Rahmawati, Sapta Suhardono

Abstract

Dampak perubahan iklim semakin meluas termasuk kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Peran UMKM menjadi penting dalam menghadapi risiko dari dampak perubahan iklim. Perubahan iklim perlu keterlibatan semua pihak, termasuk pelaku UMKM yang ada dalam wadah ICSB (Indonesia Council for Small Business) Kabupaten Sukoharjo. Upaya mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim dilakukan melalui pembuatan konten positif mengenai perubahan iklim melalui e-commerce di situs www.blonjo.online. Situs www.blonjo.online dapat dipergunakan untuk mengembangkan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim sebagai tindak lanjut kerja sama UNS dengan ICSB (https://s.id/UNS-ICSB). Konten pemasaran produk atau jasa UMKM yang disiapkan masuk dalam www.blonjo.online digunakan untuk memasang konten positif berkaitan peran masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim yang saat ini menjadi tantangan bangsa dan global. Adapun pengembangan www.blonjo.online menggunakan Quality Function Deployment (QFD) untuk mendapatkan informasi perbaikan dalam pengembangan platform digital yang berbasispengguna.

Keywords

e-commerce, perubahan iklim, UMKM

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.