Analisis Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Bentuk Pendidikan Abad ke-21 Pada Kelas Tinggi di SDIT Persis 99 Rancabango

Ayu Faza Fauziyyah, Amelinda Myrna Nur Azizah, Neni Nadiroti Muslihah, Dea Asri Pujiasti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) implementasi GLS; (2) faktor pendukung dalam implementasi program GLS; (3) faktor penghambat dari implementasi program GLS; (4) upaya untuk mengatasi faktor penghambat tersebut; dan (5) Sejauh mana implementasi program GLS sebagai bentuk pendidikan abad ke-21. Penelitian ini dilakukan di SDIT Persis 99 Rancabango. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif desktriptif untuk menganalisis dan menggambarkan tujuan dari penelitian ini. Partisipan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, komite sekolah, guru dan siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Implementasi GLS di SDIT Persis 99 Rancabango berada pada tahap pengembangan dengan kriteria baik; (2) Faktor pendukung implementasi GLS di SDIT Persis 99 Rancabango ini adalah kerjasama dan kolaborasi antara siswa, guru dan orangtua; (3) Faktor penghambat implementasi GLS di SDIT Persis 99 Rancabango ini adalah fasilitas, kreativitas guru, budaya siswa serta situasi dan kondisi; (4) Upaya untuk mengatasi faktor hambatan adalah dengan mengoptimalkan fasilitas yang ada, mengadakan pembinaan guru, menjalin komuikasi dan meningkatkan kolaborasi dengan siswa serta orang tua siswa; dan (5) Implementasi GLS sebagai bentuk pendidikan abad ke-21 di SDIT Persis 99 Rancabango berkategori sedang.

Keywords

pendidikan abed ke-21, gerakan literasi sekolah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.