Analisis Pembelajaran Tematik Kelas Rendah Berbasis Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN 2 Pananjung (Penelitian Deskriptif pada Siswa Kelas I SDN 2 Pananjung Garut)

Agung Merlany, Lutfi Asy’ari, Mohamad Ramdan, Mohamad Ramdan, Dhandi Dwi Putra

Abstract

Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang lebih menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses belajar secara aktif dalam pembelajaran, sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajarinya. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran tematik pada kelas rendah dengan berbasis daring di SDN 2 Pananjung?, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik pada kelas rendah dengan berbasis daring di SDN 2 Pananjung?, 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran tematik pada kelas rendah dengan berbasis daring di SDN 2 Pananjung?. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SDN 2 Pananjung Garut. Data penelitian menggunakan instrumen wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) dari segi perencanaan, guru telah menyiapkan diri dalam pelaksanaan daring. Hal ini dapat dilihat dari kesiapan arsip perencanaan pembelajaran, 2) proses pembelajaran tematik kelas rendah berbasis daring sudah berjalan cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan penyampaian materi yang telah tersampaikan, meskipun untuk keterlibatan siswa masih kurang terlihat, 3) evaluasi yang diadakan setiap satu minggu sekali berjalan dengan baik.

Keywords

pembelajaran tematik, daring

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.