Efektivitas Pembelajaran Audio Visual Terhadap Motivasi Belaja dan Pemahaman Konsep Siswa dalam Pembelajaran IPA

Abdul Hakim, Eva Muliani, Dina Pratama, Suci Sukmawati, Widdy Sukma Nugraha

Abstract

Penelitian didasari atas sikap dan perhatian siswa dalam pembelajaran cenderung pasif, dominan mendengarkan materi yang disampaikan. Fenomena tersebut berdampak pada rendahnya pemahaman konsep siswa. Tujuan penelitian untuk: 1) mengetahui motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa sebelum menggunakan media pembelajaran; 2) mengetahui motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa sesudah menggunakan media pembelajaran; 3)mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa. Metode penelitian menggunakan Pre experimen dengan desain one grup pre-test post-test. Hasil penelitian:1) motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa sebelum menggunakan media pembelajaran memiliki kategori rendah. Nilai rata-rata pretest motivasi belajar 62,77 dan nilai rata-rata pretest pemahaman konsep yaitu 62,5; 2) motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa sesudah menggunakan media pembelajaran memiliki kategori sedang. Nilai rata-rata posttest motivasi belajar yaitu 73,97 dan nilai rata-rata posttest pemahaman konsep yaitu 74,33; 3) terdapat perbedaan signifikan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa antara sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran audio visual. Hasil uji statistik, motivasi belajar dan pemahaman konsep, diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000, nilai sig. 000 < 0.05, maka Ho ditolak/Ha diterima, disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran audio.

Keywords

Media Audio Visual, Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep Siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.