The Use of Group Counseling Strategies to Overcome Personal Problems in High School Students: A Systematic Literature Review (SLR)

Lokahita Narima Purnajati, Diva Asri Agustin, Bima Pratama Arsansyah, Ulya Makhmudah

Abstract

Peserta didik SMA diharapkan mampu memenuhi tugas-tugas perkembangan, salah satunya di bidang pribadi/sosial. Tujuan penelitian ini yaitu mengumpulkan dan menganalisa artikel terkait penggunaan strategi konseling kelompok untuk mengatasi problematika bidang pribadi/sosial pada peserta didik SMA. Sumber data yang diperoleh dari mengumpulkan hasil penelitian dari tahun 2013 hingga 2021. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, terdapat berbagai problematika bidang pribadi/sosial pada peserta didik SMA yaitu rendahnya sosial adaptif, rendahnya self compassion, perilaku agresif, rendahnya penyesuaian diri, membolos, kecenderungan menarik diri, rendahnya kedisiplinan, rendahnya selfconcept, kecemasan sosial, rendahnya komunikasi interpersonal, rendahnya kemampuan regulasi diri, rendahnya pengelolaan emosi, kurangnya kerendahan hati, dan tingginya body dysmorphic disorder. Hasil masing-masing penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan berbagai pendekatan dan teknik cukup efektif dalam mengatasi problematika bidang pribadi/sosial yang dihadapi peserta didik SMA. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diharapkan mampu membantu peneliti selanjutnya dalam mengidentifikasi lebih banyak problematika di setiap bidang dan jenjang.

Keywords

bimbingan dan konseling, problematika pribadi/sosial, peserta didik SMA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.