Group Counseling to Increase Students Confidence: A Systematical Literature Review
Abstract
Dalam mengaktualisasikan potensi yang dimiliki oleh siswa, kepercayaan diri menjadi aspek penting. Selain itu, kepercayaan diri juga menjadi salah satu masalah yang menghambat perkembangan siswa. Konseling kelompok merupakan salah satu upaya Guru BK atau konselor sekolah dalam meningkatkan kepercayaan diri pada siswa.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab teknik apa saja yang digunakan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan bagaimana efektivitasnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat 15 teknik yang digunakan pada konseling kelompok dalam upaya meningkatkan kepercayaan diri siswa diuraikan 3 teknik yang kerap digunakan dalam konseling kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa yaitu self-instruction, assertive training, dan cognitive restructuring.
Keywords
efektivitas, kepercayaan diri, teknik konseling kelompok
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.