The Effectiveness of Group Counseling Therapy in Reducing Bullying Behavior in Junior High School Students
Abstract
Bullying merupakan perilaku atau tindakan yang mengancam atau mengganggu keselamatan seseorang bisa secara fisik maupun psikologis. Perilaku ini bisa dilakukan baik secara perorangan maupun kelompok secara verbal maupun nonverbal dan biasanya dilakukan berulang kali. Bentuk perilaku ini juga beragam, mulai dari lontaran kata-kata kotor, menyinggung, bahkan bisa saja terjadi kekerasan fisik seperti memukul atau menendang. Kasus-kasus bullying yang terjadi di kalangan siswa kerap kali menghambat proses perkembangan sehingga tidak dapat dicapai secara optimal. Perlu adanya upaya preventif dan kuratif untuk mengatasi perilaku tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk dan subyek perilaku bullying, teknik, dan efektivitas pemberian layanan konseling kelompok untuk mengurangi perilaku bullying siswa SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik Cognitive Restructuring merupakan upaya yang paling efektif untuk mengurangi perilaku bullying siswa SMP di samping teknik konseling kelompok yang lain.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.