Literature Study of the Effectiveness of Group Counseling in Improving Social Interaction
Abstract
Sebagai makhluk sosial maka sangat membutuhkan interaksi yang baik dengan orang lain agar mampu bersosial dengan baik, namun masih sering dijumpai individu yang memiliki masalah dalam berinteraksi, terutama pada peserta didik yang sedang dalam tahap perkembangan. Permasalahan tersebut umunya disebabkan oleh rendahnya interaksi sosial. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan konseling kelompok dalam meningkatkan interaksi sosial. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan, didapati hasil dari penelitian ini yaitu layanan konseling kelompok efektif untuk meningkatkan interaksi sosial peserta didik dengan berbagai macam permasalahan yang dialami. Teknik layanan yang paling efektif untuk meningkatkan interaksi sosial adalah teknik role playing dengan jumlah sesi konseling yang dilakukan antara 3-10 sesi. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok efektif untuk meningkatkan interaksi sosial peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.