Group Counseling Strategies to Overcome Problems in the Personal Social Sector for Junior High School Students: A Systematic Literature Review (SLR)

Ade Hamrat Fitriasiwi, Bagas Aldy Pradana, Hanna Pramesthi, Indha Islamia Isbandi, Indha Islamia Isbandi, Ulya Makhmudah

Abstract

Dalam penelitian ini yang bertujuan untuk mengeksplorasi masalah-masalah lingkungan sosial individu dalam bimbingan dan konseling, khususnya di tingkat menengah pertama, serta dalam pengelolaan strategi penggunaan konseling kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah systematic literature review (SLR) dengan mengumpulkan referensi dari berbagai jurnal dan artikel yang diterbitkan pada periode 2016-2020 dari 14 artikel. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan meta-sintesis, yang menurut definisi meta-sintesis adalah teknik pengintegrasian data untuk memperoleh teori dan konsep baru atau untuk memahami lebih dalam dan menyeluruh. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan jenis masalah dalam bidang bimbingan dan konseling sosial individual khususnya pada tingkat menengah pertama, seperti:  kematangan emosi, harga diri rendah, perilaku merokok, ketidakmampuan untuk mengatasi, sosial yang buruk. keterampilan, dll. Strategi pengobatan yang ditawarkan adalah terapi perilaku kognitif, manajemen diri, restrukturisasi kognitif, konseling kelompok, penguatan positif, program dari kamar ke rumah, dan banyak lagi.

Keywords

konseling kelompok, problematika pribadi sosial, peserta didik SMP

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.