Group Counseling Services in Handling Bullying Behavior in Student

Abram Ega Atmaja, Dita Cahyaningtyas, Nashry Annasifah, Yulia Kurniasari Putri Yantona, Ulya Makhmudah

Abstract

Layanan Konseling Kelompok Dalam Upaya Mengatasi Perilaku Bullying Pada Peserta Didik. Bullying merupakan suatu perbuatan yang dilakukan secara sengaja, kasus bullying sering kali terjadi dalam ranah pendidikan di Indonesia dan tergolong ke dalam tindakan dan perilaku yang tidak terpuji serta dapat menimbulkan berbagai dampak serius jika dilakukan secara terus menerus dan tidak ditangani, adapun dampak yang ditimbulkan dari perilaku bullying yaitu dampak bagi fisik maupun psikis korban yang telah mendapat perlakuan sebagai korban bullying. Konseling kelompok dapat digunakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan perilaku bullying yang terjadi pada peserta didik, konseling kelompok dapat diterapkan bagi siswa jenjang sekolah SD, SMP, SMA. Untuk mengatasi perilaku bullying pada peserta didik, konselor dapat menerapkan teknik Cognitive-Behavior Therapy dalam proses pelaksanaan konseling kelompok, konseling Cognitive- Behavior Therapy dapat diterapkan sebagai sarana untuk melakukan proses pemberian layanan konseling kelompok bagi peserta didik di sekolah.

Keywords

bullying, konseling kelompok, cognitive-behavior therapy

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.