Implementasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Inovasi Materi Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Pokok SBdP Bidang Seni Tari Di Sekolah Dasar

Dwi Anggraini, Hasnawati Hasnawati

Abstract

Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) merupakan proses untuk mempersiapkan peserta didik menjadi manusia yang berbudi pekerti dan bijaksana serta memiliki pemikiran yang kritis untuk memecahkan masalah yang ditemukan di masa yang akan datang, dengan mempertimbangkan perkembangan potensi dan lingkungan belajar peserta didik sebagai pewaris budaya dari berbagai aspek pendidikan. Tujuan kajian ini adalah mendeskripsikan Implementasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) dan inovasi materi berbasis kearifan lokal di SD. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa implementasi HOTS dan materi kearifan lokal pada pembelajaran Seni Tari di SD berpeluang untuk mewujudkan tuntutan Kurikulum 2013 yaitu berpikir lebih kreatif, inovatif, cepat dan tanggap serta menumbuhkan keberanian dalam dirinya dan membentuk pribadi yang berkarakter. Integrasi materi kearifan lokal yang memiliki nilai-nilai di dalam tatanan kehidupan bermasyarakat dapat membentengi peserta didik dari pengaruh arus globalisasi yang pesat.

Keywords

higher order thinking skill, kearifan lokal, pendidikan seni budaya, seni tari

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.