Aplikasi Whatsapp dalam Membantu Pemecahan Soal HOTS di Masa Pandemi Covid-19

Yunni Arnidha, Taqiyuddin Alkah

Abstract

Pandemi covid-19 menyebabkan perubahan pada bidang pendidikan, dimana kegiatan pembelajaran dilaksanakan tidak secara langsung melainkan secara online atau E-learning. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan aplikasi whatsapp dalam membantu pemecahan soalĀ  matematika berbasis HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara dengan kepala sekolah, pendidik kelas V, observasi, dan dokumentasi, serta tes yang diberikan pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan analisis data Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kegiatan pembelajaran menggunanakan aplikasi whatssapp dapat membantu memecahkan soal HOTS namun kurang maksimal. Hal ini dibuktikan dengan tingkat keberhasilan peserta didik yang mampu mendapatkan nilai diatas KKM sebesar 58%. Dalam membantu memecahkan soal aplikasi whatssapp tidak bisa berdiri sendiri melainkan butuh dukungan dari aplikasi lain seperti media video yang menarik untuk menyampaikan materi pembelajaran dan menambahkan materi pembelajaran yang diakses melalui aplikasi youtube agar materi yang disampaikan mudah dipahami oleh peserta didik dalam membantu pemecahan soal matematika berbasis HOTS.

Keywords

E-Learning, Whatsapp, HOTS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.