Pengembangan LKS Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Pembelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Kelas VI Sekolah Dasar

Rika Wahyuni, Eliya Rochmah

Abstract

Lembar kerja siswa yang terdapat di sekolah - sekolah umumnya berisi ringkasan materi dan latihan soal. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan LKS Berbasis  CTL serta untuk mengetahui kevalidan LKS terhadap LKS yang didesain. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall. Langkah- langkah yang digunakan untuk penelitian dan pengembangan LKS, meliputi: melakukan penelitian dan pengumpulan informasi, membuat perencanaan, mengembangkan persiapan bentuk produk dan melaksanakan pengujian lapangan pendahuluan. LKS ini mempunyai karakteristik pada penyampaian materi dan kegiatan pembelajaran. LKS ini menerapkan pendekatan CTL, maka LKS dibuat dengan memperhatikan karakteristik pendekatan kontekstual. Kevalidan LKS oleh ahli materi memperoleh persentase 85,4%, dan validasi ahli media memperoleh persentase  100%, dengan kriteria keseluruhan sangat valid maka LKS Berbasis Contextual Teaching And Learning sangat layak untuk digunakan atau diujicobakan.

Keywords

LKS, kontekstual, matematika, sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.