Efektivitas Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik pada Siswa yang Memiliki Kemampuan Awal Matematika (KAM) Tinggi dan Rendah

Reza Muhamad Zaenal, Hermawan Hermawan

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa masih sangat rendah, perlu adanya model atau perlakuan yang baru yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa efektif model pembelajaran POGIL dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa jika kemampuan awal matematika diperhitungkan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN di Kuningan. Hasil dari penelitian ini adalah model pembelajaran POGIL cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada siswa yang memiliki KAM tinggi, sedangkan pada siswa yang memiliki KAM rendah tidak ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik atau tidak terlalu efektif digunakan. Penelitian ini bisa memberikan manfaat khususnya bagi guru, bahwa model pembelajaran pogil menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada siswa yang memiliki KAM tinggi.

Keywords

model pembelajaran POGIL, pemecahan masalah, kemampuan awal matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.