Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education Berbasis Etnomatematika Bengkulu untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD

Neza Agusdianita

Abstract

Pembelajaran matematika di SD merupakan pondasi bagi siswa untuk melanjutkan pendidikan menengah. Pembelajaran matematika hendaknya kontekstual sesuai dengan kehidupan sehari-hari siswa. Kajian ini akan membahas mengenai model realistic mathematic education berbasis etnomatematika Bengkulu untuk mengatasi permasalahan pada pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa pada langkah-langkah model pembelajran RME dapat diintegrasikan unsur etnomatematika Bengkulu. Artinya masalah kontektual yang dihadirkan dalam pembelajaran berkaitan dengan etnomatematika, Sehingga siswa dapat mengetahui masalah-masalah secara kontekstual, penjelasan mengenai masalah kontekstual, memberikan solusi pada masalah kontekstual, berdiskusi akan jawaban dan menyimpulkan. SintaksĀ  kegiatan RME tersebut dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa SD

Keywords

RME, Etnomatematika, kemampuan pemecahan masalah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.