Analisis Kesulitan Belajar Pada Aspek Komunikasi Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi

Lisa Ariani, Nur Hamdaniyah

Abstract

Komunikasi menjadi elemen yang sangat penting dalam kehidupan. Sedangkan, di dunia pendidikan komunikasi dapat mempengaruhi efektifitas belajar. Masa pandemi mengakibatkan terhambatnya keberlangsungan pendidikan di seluruh tingkatan. Siswa sekolah dasar belum yang belum pernah mengenyam dunia pendidikan tentunya mengalami berbagai kesulitan belajar. Dalam hal ini komunikasi yang baik sangat diperlukan untuk mengatasi kesulitan tersebut. Guru harus bisa memanfaatkan perkembangan teknologi dunia digital agar peserta didiknya mudah menerima materi pembelajaran di masa pandemi yang belum berakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesuitan belajar komunikasi anak kelas 1 sekolah dasar pada masa pandemi dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang subjeknya guru kelas 1 sekolah dasar dan orang tua siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar yang dialami siswa dalam aspek komunikasi ketika pembelajaran  daring pada masa pandemi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi lisan menjadi kesulitan utama bagi siswa ketika pembelajaran daring, karena skill komunikasi siswa pada masa pandemi kurang terlatih dengan baik. Untuk memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, sebaiknya orang tua melatih komunikasi siswa saat dirumah, melakukan pendampingan, dan memantau perkembangan siswa saat proses belajar di lakukan secara daring.

Keywords

kesulitan belajar,komunikasi,masa pandemi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.