Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Masa Pandemi di SDN Sadagori Kota Cirebon

Ira Masijawati, Erna Labudasari

Abstract

Kemandirian siswa SDN Sadagori saat belajar pada masa pandemi mengalami banyak penurunan karena Sebagian siswa masih bergantung pada orang lain terutama orang tuanya, siswa tidak percaya diri untuk menyampaikan pendapatnya dan siswa tidak fokus belajar dalam pembelajaran dengan media daring. Hal ini berdampak kepada prestasi belajar siswa yang menurun. Tujuan penelitian ini adalah; 1. Untuk mengetahui kemandirian belajar di SDN Sadagori Kota Cirebon; 2. Untuk mengetahui prestasi belajar pada masa pandemi siswa di SDN Sadagori Kota Cirebon; 3. Untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar pada masa pandemi siswa di SDN Sadagori Kota Cirebon. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sadagori Kota Cirebon dengan sampel yang digunakan sebanyak 25 siswa. Metode penelitian ini adalah metode survey. Instrumen yang digunakan adalah angket dan nilai raport. Dengan memperhatikan nilai koefisien regresi variabel kemandirian belajar yaitu sebesar koefisien regresi variabel kemandirian belajar yaitu sebesar 0,965 atau 96,5%, sehingga dapat dikatakan bahwa Kemandirian Belajar berpengaruh terhadap Prestasi Belajar siswa SDN Sadagori Kota Cirebon sebesar 96,5%. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar pada masa pandemi siswa di SDN Sadagori Kota Cirebon.

Keywords

kemandirian belajar, pembelajaran daring, prestasi belajar siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.