Small Online Discussion: Membangun Interaksi Belajar Dalam Pembelajaran Jarak Jauh
Abstract
Pembelajaran pada saat ini mengalami transformasi yang sangat luar biasa. Dari pembelajaran tatap muka berubah ke dalam pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) atau dikenal dengan pembelajaran online. Banyak permasalahan yang muncul pada pembelajaran dengan sistem daring, yaitu adanya lost interaction antara siswa dengan guru sehingga pembelajaran tidak berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah memaparkan hasil penelitian tentang membangun interaksi belajar dengan metode small online discussion pada 35 siswa Madrasah dengan menggunakan observation sheet sebagai instrument untuk memantau proses kegiatan serta mengukur efektifitas proses kegiatan. Dari data observasi kemudian dilakukan triangulasi untuk membandingkan kegiatan sebelum dan sesudah penerapan small online discussion. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk memaparkan hasil dari observasi pembelajaran yang berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode small online discussion, pembelajaran daring dapat berjalan dengan baik, interaksi belajar antara siswa dengan guru berlangsung dengan baik dan adanya perubahan persepsi jika pembelajaran daring selalu membosankan menjadi menyenangkan. Kesimpulan yang dapat diambil adalah pembelaajaran daring dengan metode small online discussion mampu menciptakan interaksi belajar yang sangat baik antara siswa dengan guru sehingga pembelajaran daring menjadi lebih menyenangkan.
Keywords
interaksi belajar, pembelajaran daring, small online discussion
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.