Penggunaan Metode Talaqqi Melalui Pembiasaan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an Kelas 3 di SD Negeri Kambangsari Kecamatan Alian, Kebumen

Endah Setiyaning Mawarni, Imam Subarkah, Siti Fatimah

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan membaca Alquran memakai metode talaqqi memalui pembiasaan selama pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas 3 di SD Negeri Kambangsari Alian Kebumen. Penelitian ini adalah jenis penelitin tindakan kelas yang proses pelaksanaannya terjadi selama 2 siklus yang masing-masing siklusnya terdapat 2 kali pertemuan pemberlajaran. Masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap rafleksi. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan tes. Hasil tes pratindakan sesuai aspek yang diamati yaitu tajwid menunjukkan 40% dan makhroj 30%. Setelah melakukan tes pratindakan penelitian ini dilanjutkan dengan pelaksanaan siklus I. Pelaksaan siklus I menunjukkan adanya peningkatan rata-rata senilai 62,50% dengan persentase ketuntasan sebesar 78,85% namun, belum mencapai KKM oleh karenanya di perlukan adanya siklus II. Berdasarkan tes pelaksanaan siklus II mencapai peningkatan rata-rata senilai 80,35% dengan persentase ketuntasan sebesar 85,60%. Berdasarkan hasil dari penelitian sindakan kelas menyatakan bahwa kemampuan siswa meningkat setelah diadakannya penggunaan metode ini baik di siklus I dan II. Oleh karena itu, penerapan metode talaqqi berbasis pembiasaan dianggap berhasil dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Selain kemampuan membaca Alquran, hafalan-hafalan surat pendek siswa juga meningkat. Pedampingan orang tua selama kegiatan belajar di rumah juga menjadi faktor penting dalam peningkatan kemampuan membaca dan menghafal surat-surat dalam Al-Qur’an.

Keywords

Metode Talaqqi, pembiasaan, kemampuan membaca Alquran, pendampingan orang tua

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.