Pengaruh Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SDN2 Babakan
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari media audiovisual terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 2 Babakan. Penelitian ini sendiri menggunakan metode korelasi kausal, dengan data yang digunakan untuk penelitian diperoleh dari angket (kuesioner) dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu media audio visual (video yang berasal dari youtube) dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Kedua variabel ini selanjutnya akan diteliti dilapangan dan diolah datanya denganย perhitungan variabel bebas media audiovisual (video youtube) terhadap variable terikat yaiitu hasil belajar menggunakan rumus uji t dengan hasil sig. o,oo2 < 0,05 dan t hitung 3,317 > 2, 011 dapat di tarik kesimpulan bahwa hipotesis terbukti dengan ๐ป๐ ditolak dan ๐ป๐ diterima yaitu terdapat pengaruh media audiovisual (video youtube) terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 2 Babakan. Pengaruh ini Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data pada penelitian ini dapat dikatakan bahwa media audio visual mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa, karena dengan adanya media audio visual pembelajaran menjadi lebih menarik dan juga mudah disampaikan terutama pada saat pembelajaran daring seperti saat ini.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.