Pengaruh Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SDN2 Babakan

Anida Khuzaima Hakim, Resti Yektyastuti, Annissa Mawardini

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari media audiovisual terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 2 Babakan. Penelitian ini sendiri menggunakan metode korelasi kausal, dengan data yang digunakan untuk penelitian diperoleh dari angket (kuesioner) dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu media audio visual (video yang berasal dari youtube) dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Kedua variabel ini selanjutnya akan diteliti dilapangan dan diolah datanya denganย  perhitungan variabel bebas media audiovisual (video youtube) terhadap variable terikat yaiitu hasil belajar menggunakan rumus uji t dengan hasil sig. o,oo2 < 0,05 dan t hitung 3,317 > 2, 011 dapat di tarik kesimpulan bahwa hipotesis terbukti dengan ๐ป๐‘œ ditolak dan ๐ป๐‘Ž diterima yaitu terdapat pengaruh media audiovisual (video youtube) terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 2 Babakan. Pengaruh ini Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data pada penelitian ini dapat dikatakan bahwa media audio visual mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa, karena dengan adanya media audio visual pembelajaran menjadi lebih menarik dan juga mudah disampaikan terutama pada saat pembelajaran daring seperti saat ini.

Keywords

hasil belajar, IPA, media audiovisual

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.