ASSESSMENT OF AFFILIATED SOCIAL ATTITUDES BASED ON PEER AND SELF ASSESSMENT TECHNIQUES IN CURRICULUM 2013 FOR ELEMENTARY SCHOOL PARTICIPANTS

Dessy Nur Maulina, St. Y. Slamet, Mintasih Indriayu

Abstract

Penilaian merupakan salah satu komponen pokok dalam proses pembelajaran. Penilaian atau asesmen seharusnya dilakukan sebagai upaya untuk mengukur tingkat ketercapaian indikator pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan penilaian afektif sikap sosial berbasis teknik peer and self assessment pada kurikulum 2013. Metode yang digunakan dengan menggunakan metode diskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan studi pustaka. Hasil pembahasan dari penulisan ini menyimpulkan bahwa kemampuan afektif merupakan bagian dari hasil belajar yang memiliki peran sangat penting. Model penilaian afektif berbasis teknik peer and self assessment merupakan model penilaian inovatif yang sedang dikembangkan di dunia pendidikan karena model penilaian ini dapat memberikan dampak positif pada perkembangan kepribadian peserta didik.

Keywords

penilaian afektif, peer and self assessment

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.