CHILDREN'S FRIENDLY EDUCATION BASED ON TRADITIONAL GAMES IN TAMAN MUDA IBU PAWIYATA ELEMENTARY SCHOOL

Maya Kartika Sari, Suminto A. Sayuti, Pardjono Pardjono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan ramah anak berbasis dolanan anak tradisional di SD Taman Muda Ibu Pawiyata Yogyakarta. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian yakni kepala sekolah, pamong, siswa, dan orang tua. Penentuan subyek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian menggunakan Model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan ramah anak berbasis dolanan anak tradisional di SD Taman Muda Ibu Pawiyata Yogyakartatelah berjalan dengan baik dan dapat mengeksplorasi potensi siswa. Guru atau pamong melaksanakan pembelajaran melalui metode bermain atau dolanan, guru menciptakan suasana yang kondusif dalam pembelajaran, guru berupaya mengembangkan bakat minat anak secara maksimal tanpa beban paksaan, guru mencurahkan kasih sayang kepada siswa secara utuh, guru memberikan perhatian bagi mereka yang lemah dalam proses belajar melalui bimbingan belajar intens. Pendidikan ramah anak berbasis dolanan anak tradisional di SD Taman Muda Ibu Pawiyata Yogyakarta yang dilakukan seperti lepetan, cublak-cublak suweng, jamuran, dakon, jaranan, galasin, dimana dapat menumbuhkan karakter positif pada anak yaitu menumbuhkan toleransi antar teman, saling membantu, demokratis, jujur dan disiplin dalam mematuhi peraturan permainan, dan menumbuhkan rasa cinta pada budaya yang ada dan melestarikan dolanan anak tradisional agar tetap berkelanjutan. Pendidikan ramah anak berbasis dolanan anak tradisional di SD Taman Muda Ibu Pawiyata Yogyakarta mendapatkan dukungan penuh dari orangtua dan pihak sekolah sehingga implementasinya dapat maksimal dan terkondisi dengan baik.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.