IMPROVING ABILITY TO SPEAK THROUGH ROLE PLAYING ACTIVITIES IN STUDENTS OF TK PERTIWI NAMBANGAN I SELOGIRI

Heni Amrih Laksmita Dewi

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui kegiatan bermain peran pada peserta didik kelompok A.2 TK Pertiwi Nambangan I Kecamatan Selogiri Semester I tahun pelajaran 2016/2017.   Metode penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap hasil pengamatan serta tahap refleksi. Pelaksanaan penelitian di TK Pertiwi Nambangan I Selogiri dimulai minggu terakhir bulan  Juli sampai dengan minggu terakhir bulan Oktober  selama 14 minggu dengan subyek penelitian peserta didik kelompok A.2 sejumlah 16 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak didik kelompok A.2 TK Pertiwi Nambangan I Kecamatan Selogiri semester I tahun pelajaran 2017/2018.

Keywords

Kemampuan berbicara, Bermain peran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.