Pengaruh Penggunaan Teknologi Komunikasi terhadap Minat Baca Buku Pelajaran Siswa SMP
Abstract
Penerapan teknologi komunikasi seperti telepon seluler dan media sosial di kalangan siswa telah menyebabkan penurunan minat dalam membaca buku teks, karena waktu dan perhatian mereka lebih terfokus pada mengakses konten digital yang lebih menarik daripada membaca. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh penggunaan teknologi komunikasi terhadap minat baca buku pelajaran siswa kelas VIII F SMP Negeri 5 Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas VIII F SMP Negeri 5 Kota Kupang Tahun Pelajaran 2024/2025. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel (373,309 > 4,196) dan nilai signifikansi 0,000 ˂ 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan teknologi komunikasi terhadap minat baca buku pelajaran siswa kelas VIII F SMP Negeri 5 Kota Kupang Tahun Pelajaran 2024/2025.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.



