Pengaruh Konsep Diri terhadap Pemilihan Karier Siswa SMA
Abstract
Banyak siswa SMA yang mengalami kesulitan dalam menentukan pemilihan karier yang sesuai dengan potensi, minat, dan kemampuannya, salah satunya yang disebabkan oleh rendahnya konsep diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap pemilihan karier siswa kelas IX SMA Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IX SMA Negeri 4 Kupang yang berjumlah 384 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 siswa. Data dikumpulkan melalui instrumen kuesioner konsep diri dan pilihan karier. Analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap pemilihan karier siswa kelas IX SMA Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2024/2025. Hal ini ditunjukan oleh nilai t hitung >t tabel (2,937> 1,985523) dan signifikansi 0,004 lebih kecil dari 0,05. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,084 mengindikasikan bahwa 8,4% variasi konsep diri dipengaruh oleh pemilihan karier sedangkan 91,6% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap pemilihan karir.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.



