Manajemen Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal Sasak Begibung Dalam Membentuk Karakter Profil Pelajar Pancasila di TK Islam Nurul Iman Sekarbela
Abstract
Pembelajaran berbasis budaya lokal menjadi salah satu pendekatan penting dalam menanamkan nilai karakter pada anak usia dini, terutama pada lembaga pendidikan yang berada di lingkungan masyarakat adat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran berbasis budaya lokal Sasak Begibung dalam membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila di TK Islam Nurul Iman Sekarbela. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran berbasis budaya lokal Sasak Begibung telah terlaksana dengan baik dan mampu membentuk karakter pelajar Pancasila. Integrasi nilai budaya dilakukan melalui perencanaan yang kolaboratif antara kepala sekolah dan guru yang memcangkup alur tujuan pembelajaran, pemilihan strategi yang kontekstual, penyusunan capaian pembelajaran dan penyusunan. Pelaksanaan kegiatan menggunakan model Project Based Learning melalui tiga tahap: pembuka, inti, dan penutup. Evaluasi dilakukan melalui observasi, wawancara, dan refleksi diri. Pembelajaran berbasis budaya lokal ini efektif dalam menumbuhkan karakter beriman, bertakwa, berakhlak mulia, gotong royong, dan mandiri pada anak usia dini.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.



