Pengaruh Regulasi Emosi terhadap Resiliensi Akademik Mahasiswa Tahun Kedua dan Ketiga di Universitas Negeri Padang Kampus V Bukittinggi
Abstract
Mahasiswa sering menghadapi tekanan akademik yang dapat memengaruhi kemampuan mereka dalam beradaptasi dan mempertahankan kinerja belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh regulasi emosi terhadap resiliensi akademik pada mahasiswa tahun kedua dan ketiga di Universitas Negeri Padang Kampus V Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana terhadap 30 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa skala regulasi emosi dan resiliensi akademik yang telah diuji validitas serta reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara regulasi emosi dan resiliensi akademik (r = 0,595; p = 0,001), yang berarti semakin baik kemampuan mahasiswa dalam mengatur emosi, semakin tinggi pula tingkat resiliensi akademik mereka. Temuan ini menegaskan pentingnya pengembangan program pengelolaan emosi untuk meningkatkan ketahanan akademik mahasiswa di perguruan tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.



