Profil Stres Akademik Siswa Kelas IX SMP Katolik Adisucipto Kupang Implikasinya bagi Program Bimbingan Belajar

Maria Agustina Owa Rea, Wens Nagul, Rosa Mustika Bulor

Abstract

Tingginya tekanan akademik yang dialami siswa dalam proses pembelajaran diduga menimbulkan stres akademik yang berdampak negatif terhadap motivasi dan prestasi belajar mereka di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil stres akademik siswa kelas IX SMP Katolik Adisucipto Kupang tahun pelajaran 2024/2025 serta implikasinya terhadap program bimbingan belajar. Populasi sebanyak 182 siswa dan Sampel sebanyak 45 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kecenderungan pusat. Hasil analisis data diperoleh skor rata-rata stres akademik sebesar 105, yang berada pada rentang 100–129 dan termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami tingkat stres/tekanan akademik yang tinggi.

Keywords

Stres akademik, Bimbingan belajar, Siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.