Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Belajar Siswa SMPK Adisucipto Penfui
Abstract
Penggunaan smartphone adalah aktivitas untuk memanfaatkan perangakat untuk berbagai keperluan, termasuk browse internet, membaca e-book, belanja, transfer uang, bermain game, dan fitur lain yang mempermudah manusia. Minat belajar adalah perasaan senang atau tertarik, serta keterlibatan aktif dan sadar dalam proses pembelajaran yang memainkan peran penting dalam menentukan materi yang dipilih untuk dipelajari dan seberapa baik informasi tersebut dapat dipahami. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan smartphone terhadap minat belajar siswa kelas VIII SMPK Adisucipto Penfui Tahun Pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII SMPK Adisucipto Penfui pada Tahun Pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 182 orang, dan sampel sebanyak 45 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Teknik analisis data penelitian adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari ttabel (3.386>2,016692) dan nilai signifikansi (0,002) lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan smartphone terhadap minat belajar pada siswa kelas VIII SMPK Adisucipto Penfui tahun Pelajaran 2024/2025.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.



