Analisis Faktor-Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Bullying (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2024/2025)

Maria Crisanti Dhema, Yohanes Demon Doni, Stefanus Lio

Abstract

Fenomena bullying  masih menjadi permasalahan serius di lingkungan sekolah dan terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Banyak siswa menjadi korban maupun pelaku akibat kurangnya pengawasan dari pihak sekolah serta lemahnya kontrol sosial di lingkungan sekitar. Bullying tidak hanya berdampak pada penurunan prestasi belajar, tetapi juga menyebabkan gangguan psikologis seperti rasa takut, rendah diri, dan penarikan diri dari lingkungan sosial. Kondisi ini menunjukkan bahwa faktor-faktor eksternal seperti keluarga, teman sebaya, lingkungan sekolah, dan media massa memiliki peran penting dalam membentuk perilaku siswa. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi bullying siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi dan studi dokumen.Teknik analisis data dilakukan melaui reduksi data, display data serta verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat empat faktor utama penyebab bullying yakni 1) Faktor keluarga, berupa pola asuh yang keras, kurang perhatian atau kondisi keluarga yang tidak harmonis  2) Faktor teman sebaya, berupa tekanan kelompok dan keinginan diterima 3) Faktor lingkungan, kurangnya pengawasan guru dan area rawan bullying  4) Faktor media massa dan elektronik, melalui pengaruh konten negatif dari media sosial. Temuan inin menegaskan perlunya kolaborasi antara pihak sekolah, guru, orang tua da siswa untuk mencegah serta menangani bullying melalui pengawasan, bimbingan, dan pembentukan budaya sekolah yang positif.

Keywords

Bullying, external factors, students

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.