Perbedaan Motivasi Berprestasi Berdasarkan Gender pada Siswa SMP

Anselmus Tupen Knotan, Rosa Mustika Bulor, Dhiu Margaretha

Abstract

Motivasi berprestasi merupakan dorongan internal yang mendorong individu untuk mencapai hasil optimal. Namun, berdasarkan observasi di SMPK St. Theresia “Disamakan” Kupang, terlihat adanya perbedaan tingkat motivasi berprestasi antara siswa laki-laki dan perempuan. Siswa perempuan cenderung lebih tekun, aktif, dan bertanggung jawab dalam belajar, sedangkan siswa laki-laki menunjukkan keterlibatan yang lebih rendah. Kondisi ini menunjukkan adanya perbedaan motivasi berprestasi berdasarkan gender yang perlu diteliti lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi berprestasi berdasarkan gender pada siswa kelas VIII SMPK St. Theresia”Disamakan”  Kupang  Tahun Pelajaran 2024 / 2025. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Populasi penelitian berjumlah 120 siswa  kelas VIII dari 25% maka sampel penelitian sebanyak 32 siswa  yang diambil menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket motivasi berprestasi. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas, serta uji-t dan uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa perempuan memiliki rata-rata motivasi berprestasi lebih tinggi (117,50) dibandingkan siswa laki-laki (89,86). Uji-t menghasilkan nilai thitung = 3,793 dengan signifikansi 0,001 (<0,05), serta uji Independent Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi 0,001 (<0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi berprestasi berdasarkan gender.

Keywords

Motivasi berprestasi, Gender, Siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.