Kontribusi Need to Belong terhadap Online Friendship pada Remaja Komunitas Game Online

Tiara Eristina, Rida Yanna Primanita

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah memfasilitasi munculnya hubungan sosial dalam bentuk pertemanan daring (online friendship), terutama di kalangan remaja yang aktif di media sosial dan anggota komunitas game online. Remaja memiliki kebutuhan sosial yang tinggi, salah satunya adalah need to belong dorongan mendasar untuk diterima dan terhubung dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi need to belong terhadap online friendship pada remaja anggota komunitas game online. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan jumlah sampel sebanyak 100 remaja berusia 14–19 tahun yang dipilih melalui teknik convenience sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner online menggunakan Google Form, yang terdiri dari dua skala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa need to belong memberikan kontribusi signifikan terhadap online friendship (Sig. p < 0,05), dengan kontribusi sebesar 5,4%. Temuan ini menekankan pentingnya kebutuhan psikologis dasar dalam membentuk hubungan sosial digital, khususnya di kalangan remaja komunitas game online.

Keywords

Need to belong; online friendship; remaja; komunitas game online; media sosial

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.