Pendekatan STEM (Sains, Teknologi, Teknik, Matematika) pada Bahan Bangunan Datar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini didorong oleh rendahnya hasil belajar dan kurangnya keaktifan siswa kelas III SDN 02 Bantarwuni dalam materi bangunan datar. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini menerapkan pendekatan STEM melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan STEM berhasil secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa, dibuktikan dengan peningkatan rata-rata nilai dan kelengkapan belajar. Peningkatan ini juga diikuti oleh perubahan positif dalam keterlibatan dan partisipasi siswa di kelas. Oleh karena itu, penelitian ini membuktikan bahwa pendekatan STEM merupakan solusi efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.