Pengaruh Penggunaan E-LKPD IPAS Materi Situs-Situs Peninggalan Sejarah terhadap Literasi Sejarah SDN Gugus XIV Kota Bengkulu

Rodes Oktalim Simarangkir, Yusnia Yusnia, Debi Heryanto

Abstract

Peningkatan pengetahuan sejarah di Indonesia masih menjadi tantangan yang mendesak, mengingat rendahnya pemahaman sejarah di kalangan peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam penyampaian materi sejarah agar lebih mudah diakses dan dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan E-LKPD IPAS yang berfokus pada situs-situs peninggalan sejarah terhadap kemampuan literasi sejarah siswa di SDN gugus empat belas Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain The Matching Only Pretest-Postest Control Group Design. Untuk mengukur hasil, penelitian ini mengadopsi instrumen berupa lembar tes uraian dengan total lima soal. Tes dilakukan dua kali: sebelum dan setelah proses pembelajaran berlangsung. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest pada kelompok eksperimen mencapai 81,2, sedangkan kelompok kontrol hanya 75,17. Hasil analisis uji-t menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,045, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan E-LKPD IPAS telah memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan literasi sejarah para siswa di SDN gugus XIV Kota Bengkulu.

Keywords

E-LKPD, IPAS, Literasi Sejarah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.