Peningkatan Kedisiplinan dan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pembiasaan Salat Dhuha

Hilmawati Hilmawati, Bahdar Bahdar, Kasmiati Kasmiati

Abstract

Moral degradation and indiscipline among students are issues in education. One effort schools are making is to develop the habit of performing the Dhuha prayer. The purpose of this study is to explain the practice of Dhuha prayer in improving discipline that can shape the character of students at SDIT Insan Gemilang Sigi. This study uses a qualitative descriptive method, which focuses on field research. Data and information were obtained through observation, interviews, and documentation. Data analysis was carried out through data reduction, data presentation, and verification techniques. The results of this study are that the practice of Dhuha prayer has become a daily routine for students, carried out every morning before entering class hours, which are held every Monday to Friday. The practice of Dhuha prayer can improve discipline, which plays an important role in shaping the religious character of students at SDIT Insan Gemilang Sigi. Discipline and consistency in the practice of Dhuha prayer shape students' behavior to be more religious. Islamic values in Dhuha prayer are implemented by students in their daily activities, both at school and at home.

 

Degradasi moral dan ketidakdisiplinan peserta didik menjadi persoalan dalam pendidikan. Salah satu usaha yang dilakukan sekolah adalah mengembangkan kebiasaan beribadah salat Dhuha. Tujuan penelitian ini menjelaskan kebiasaan salat Dhuha dalam meningkatkan kedisiplinan yang mampu membentuk karakter peserta didik di SDIT Insan Gemilang Sigi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yang fokus pada penelitian lapangan. Data dan informasi diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah pembiasaan salat Dhuha sudah menjadi rutinitas harian peserta didik yang dilakukan setiap pagi sebelum masuk jam pembelajaran yang dilaksanakan setiap Senin sampai Jumat. Pembiasaan salat Dhuha mampu meningkatkan kedisiplinan yang berperan penting dalam pembentukan karakter religius peserta didik SDIT Insan Gemilang Sigi. Kedisiplinan dan konsistensi dalam pembiasaan salat Dhuha membentuk perilaku peserta didik jadi lebih religius. Nilai-nilai Islam dalam salat Dhuha diimplementasikan oleh peserta didik dalam aktivitas sehari-hari, baik di sekolah maupun di rumah. 

Keywords

Pembiasaan, Disiplin, Salat Dhuha, Karakter Religius

Full Text:

PDF

References

Agustin, N. R., Asmahasanah, S., & Angelina, P. R. (2024). Implementasi Pembiasaan Shalat Dhuha untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Dalam Pembentukan Karakter Religius pada Kelas V di MI Mathla’ul Anwar Kota Bogor. Reslaj: Religion Education Social Roiba Journal, 6(2), 496–507.

Ahmad Manshur. (2019). Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 16–28.

Arikunto, S. (2020). Prosedur Penulisan Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arisah, N. (2022). Metode Penulisan Kualitatif. Tahta Media Group.

Asy-Saukani, M. (2004). Nail Al-Authar; Syarh Muntaqa Al-Akhbar Min Ahadits Sayyid Al-Akhyar. CV. AsySyifa.

Farid, A., Miftachudin, Syamsudin, Firmansyah, D., Amriyah, C., & Dkk. (2023). Penguatan Karakter Kedisiplinan Siswa Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha di Madrasah Ibtidaiyah Darunnajah 2 Cipinang Bogor. Communnity Development Journal, 4(4), 9559–9564.

Fauziyah, L., Muhammada, Ma’ruf, A., & Solikhudin, A. (2024). Implementasi Pembiasaan Sholat Dhuhur Berjamaah Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa. Tabyin: Jurnal Pndidikan Islam, 6(01). https://doi.org/https://doi.org/10.52166/tabyin.v6i01.602

Hapsari, M. F. (2023). Penanaman Nilai Karakter Disiplin dan Religius Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha di SD Negeri 4 Kancilan Jepara. Jurnal Kualita Pendidikan, 4(1), 8–15.

Harahap, T. K. (2022). Metode Penulisan Kualitatif. Tahta Media Group.

Hasanah, U., Wahyudin, U. R., & Waluyo, K. E. (2023). Pembiasaan Solat Dhuha dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa di MI Al Fatah Banyusari Karawang. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(4), 1769–1775.

Islamiah, R., & Noor, W. (2022). Praktik Pembiasaan Shalat Dhuha Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di MTs Al-Islam Kemuja. Lenternal: Learning and Teaching Journal, 3(3), 1–5. https://doi.org/DOI 10.32923/lenternal.v3i3.2914

Kalla, M. J. (2018). Panduan 23 Sholat Sunat Disertai Dzikir dan Sholat. Ciptawidya Swara.

Mahfani, M. K. Al. (2018). Berkah Shalat Dhuha. Wahyu Media.

Mahmudi. (2022). Ilmu Pendidikan: Mengupas Komponen Pendidikan. Deepublish.

Manshur, A. (2019). Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa. Jurna Al Uhya: Jurnal Pendidian Islam, 4(1), 16–28.

Novita, & dkk. (2023). Penanaman Karakter Religius Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha di SD Muhammadiyah Miliran. UAD Press.

Ridwan, & Wardayanti, S. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Kedisiplinan pada Anak Melalui Permainan Tradisional Kelereng di kelompok B TK Pertiwi X Belalang. Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal, 1(1), 1–12.

Saiful, Yusliani, H., & Rosnidarwati. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter: Perspektif Al-Ghazali & Thomas Lickona di Madrasah Ibtidaiyah TErpadu (MIT) Meunara Baro Kabupaten Aceh Besar. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 721–740. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.1900

Sayuti. (2023). Tuntunan Shalat Dhuha. Sangkala.

Sugiyono. (2023). Metode Penulisan Kombinasi Mixed Methods. Alfabeta.

Wasito, & Nursikin, M. (2023). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan pada Siswa SDIT Nurul Islam Tengaran. Islamika, 5(4), 1327–1337.

Yasa, A. M., & Abdullah, H. (2022). Panduan Praktis Shalat Edisi Lengkap. Pustaka Nuun.

Yuliana, Y. (2024). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Sholat Berjamaah. Al-Bahtsu: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2).

Yusriani. (2022). Metode Penulisan Kualitatif. Tahta Media Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.